Translate

Rabu, 28 Maret 2018

Tilakkhana (Tiga Corak Umum).


Tilakkhana adalah bahasa Pali. Tilakkhana adalah : tiga corak umum atau tiga corak universal, adalah tiga sifat yang menjadi ciri keberadaan dari segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah :

1. Anicca (tidak kekal). Bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini yang berupa bentuk, wujud, keadaan, atau jelmaan adalah tidak kekal & senantiasa berubah.

2. Dukkha (Penderitaan ). Bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini (yang terbentuk) tidaklah memuaskan, sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan penderitaan bagi manusia yang selalu merasa tidak puas. 
Manusia menderita di dalam hidupnya apabila ada penolakan terhadap kesunyataan bahwa segala sesuatu yang terbentuk itu adalah tidak kekal dan senantiasa berubah. 
Kebahagiaan tercapai apabila manusia telah bisa memahami & menerima dengan sempurna atas segala sesuatu itu sebagaimana adanya & dapat hidup harmonis dengan kesunyataan tesebut.

3. Anatta (tidak ada "jiwa" atau "inti dari sesuatu" yang kekal). Bahwa tidak ada sesuatu zat yang dapat dianggap sebagai “aku”, “jiwa”, “diri”, “roh” atau “ego” yang eksistensinya kekal abadi (inti dari segala sesuatu itu tidak tetap; mengalami perubahan). Segala bentuk, wujud, keadaan, jelmaan adalah tanpa inti atau tanpa diri yg kekal. Segala bentuk atau jelmaan individu memiliki sifat & ciri tersendiri, mempunyai sifat yang terbentuk dari unsur-unsur pembentuknya yang lebih halus, tergantung pada sifat diri lain yang juga tidak kekal, yang secara bersama-sama tergerak dalam rantai Sebab Musabab Yang Saling Bergantungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar