Translate

Kamis, 22 Maret 2018

Jika harus berbicara tentang Tuhan.


Jika harus berbicara tentang Tuhan; maka Tuhan seperti yang dipahami oleh banyak orang itu adalah Tuhan ciptaan manusia belaka ketika manusia mengenal betapa berbahayanya petir & bencana alam lainnya. Manusia memerlukan sosok super tempat bersandar, tempat mengadu, mengeluh, memohon & meminta pertolongan ketika manusia takut (sangat ketakutan), merasa terancam, bingung & tidak tahu harus berbuat apa. Akhirnya manusia membuat berhala yang dinamakan Tuhan. 

Yang percaya bahwa Tuhan itu ada tidak bisa membuktikannya secara valid, dan yang tidak percaya bahwa Tuhan itu tidak ada juga tidak bisa membuktikannya.

Jika harus berbicara tentang Tuhan; maka Tuhan (yang mendekati kebenaran) itu adalah Tuhan yang mutlak, yang kekal tanpa awal & tanpa akhir, yang tak terpikirkan, yang tak bisa diapa-siapakan. Kalau sudah begitu maka yang terpenting bagi manusia itu hendaknya menciptakan sebab-sebab (perbuatan-perbuatan) yang baik agar setelahnya (ketika sudah ada kondisi yang mendukung) maka manusia bisa memperoleh akibat-akibat yang baik pula (mengalami hal-hal yang membahagiakan). Hal ini banyak dilakukan oleh manusia yang telah sadar atas berlakunya hukum universal sebab-akibat, hukum aksi-reaksi, hukum tabur-tuai atau hukum karma yang bekerja secara otomatis, katakan : yang bekerja karena Tuhan itu ada, hehe... 

Anda tidak harus setuju dengan uraian ini dan anda bisa mengabaikanya. PEACE...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar