Translate

Sabtu, 09 Juni 2018

Makhluk Dewa.


Dewa adalah penghuni Surga. Mereka tidak hidup kekal di alam Surga, akan mati juga apabila karma baiknya telah habis. Dewa mempunyai tubuh yang lebih halus & lebih bersih dibanding manusia. Tubuh dewa tak dapat dilihat oleh mata fisik manusia biasa. Keberadaan dewa sulit dibuktikan untuk mereka yang belum memiliki kemampuan melihat alam lain, khususnya melihat alam surga. Surga bukan lah tujuan akhir ajaran Dhamma.
Makhluk di alam-alam surga ini pada suatu saat akan meninggal, atau lenyap dari alamnya masing-masing, dan terlahir kembali di alam lain, sesuai dengan karma yang masih mereka miliki. Walaupun kehidupan para dewa di alam surga lebih menyenangkan atau melebihi kehidupan manusia, namun kesucian dan kebijaksanaan dewa belum tentu melampaui kesucian dan kebijaksanaan manusia.
Makhluk-makhluk yang terlahir di alam ini berdasarkan karma baik mereka, seperti melaksanakan dana, sila dan perbuatan karma baik lain. Tapi bila karma baik mereka telah habis, dan tak sempat mengembangkan batin, dengan belajar dan melaksanakan Dharma, maka para dewa akan menemui ajal, dan terlahir kembali di alam dewa yang lebih rendah, atau di alam manusia.
Alam Surga terbagi menjadi enam alam, yaitu :
1. Câtumahârâjikâ,
2. Tâvatimsa,
3. Yâmâ,
4. Tusita,
5. Nimmânaratî,
6. Para-nimmitavasavattî.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar