Translate

Rabu, 12 Oktober 2022

Empat Puluh Besar

Tulisan ini menyampaikan perihal Empat Puluh Besar pada Majjhima Nikaya 117 - Mahācattarisaka Sutta – yang uraiannya sulit dipahami, memerlukan pemikiran dan perenungan yang berulang. Tulisan ini dibuat untuk mudah dimengerti dengan tidak mengubah arti meskipun masih memerlukan perhatian penuh yang berulang.

Mahācattarisaka Sutta - menceritakan ketika Sang Bhagava sedang menetap Di Sāvatthī di Hutan Jeta, Taman Anāthapiṇḍika.

Sang Bhagava memanggil para bhikkhu dan berkata sebagai berikut:

Para bhikkhu, Aku akan mengajarkan kepada kalian tentang konsentrasi benar dan pendukung serta persyaratannya, yaitu : pandangan benar, kehendak benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar, usaha benar, dan perhatian benar. Keterpusatan pikiran yang dilengkapi dengan ketujuh faktor ini disebut konsentrasi benar dengan pendukung serta perlengkapannya.

Tentang Pandangan.

Para bhikkhu, pandangan benar muncul dalam urutan pertama pada seseorang yang memahami pandangan salah sebagai pandangan salah dan pandangan benar sebagai pandangan benar.

Para bhikkhu, pandangan salah memandang bahwa : tidak ada yang diberikan; yang dipersembahkan; yang dikorbankan; tidak ada buah atau akibat dari perbuatan baik dan buruk; tidak ada dunia ini; tidak ada dunia lain; tidak ada ibu, ayah; tidak ada makhluk-makhluk yang terlahir kembali secara spontan; tidak ada para petapa dan brahmana yang baik dan mulia di dunia ini yang telah menembus oleh diri mereka sendiri dengan pengetahuan langsung dan menyatakan dunia ini dan dunia lain.

Para bhikkhu, pandangan benar ada dua jenis, yaitu : ada pandangan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan; dan ada pandangan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

Para bhikkhu, pandangan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan – adalah bahwa : Ada yang diberikan, dipersembahkan, dikorbankan; ada buah atau akibat dari perbuatan baik dan buruk; ada dunia ini dan dunia lain; ada ibu dan ayah; ada makhluk-makhluk yang terlahir kembali secara spontan; ada para petapa dan brahmana yang baik dan mulia di dunia ini yang telah menembus oleh diri mereka sendiri dengan pengetahuan langsung dan menyatakan dunia ini dan dunia lain.

Para bhikkhu, pandangan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan, yaitu : Kebijaksanaan, indria kebijaksanaan, kekuatan kebijaksanaan, faktor pencerahan penyelidikan kondisi-kondisi, faktor sang jalan pandangan benar dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, yang pikirannya tanpa noda, yang memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia.

Perhatian benar seseorang yaitu : jika seseorang berusaha dengan penuh perhatian meninggalkan pandangan salah, dengan penuh perhatian memasuki dan berdiam dalam pandangan benar. Ketiga kondisi yang berlangsung dan berputar di sekeliling pandangan benar, yaitu : pandangan benar, usaha benar, dan perhatian benar.

Tentang Kehendak.

Para bhikkhu, dalam pandangan benar seseorang - pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Yaitu pada seseorang yang memahami kehendak salah sebagai kehendak salah dan kehendak benar sebagai kehendak benar.

Para bhikkhu, kehendak salah yaitu : Kehendak keinginan indria, kehendak permusuhan, dan kehendak kekejaman.

Para bhikkhu, kehendak benar ada dua jenis, yaitu : ada kehendak benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan. Dan ada kehendak benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

Para bhikkhu, kehendak benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan, yaitu : kehendak meninggalkan keduniawian, tanpa permusuhan, dan tanpa kekejaman.

Para bhikkhu, kehendak benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan, yaitu : Pemikiran, pikiran, kehendak, absorpsi pikiran, ketetapan pikiran, pengarahan pikiran, bentukan ucapan dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, tanpa noda, memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia.

Usaha benar seseorang yaitu : berusaha untuk meninggalkan kehendak salah dan memasuki kehendak benar. Perhatian benar seseorang yaitu : dengan penuh perhatian meninggalkan kehendak salah, memasuki dan berdiam dalam kehendak benar. Demikianlah ketiga kondisi tersebut berlangsung dan berputar di sekeliling kehendak benar, yaitu, pandangan benar, usaha benar, dan perhatian benar.

Tentang Ucapan

Para bhikkhu, dalam pandangan benar seseorang - pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Yaitu pada seseorang yang memahami ucapan salah sebagai ucapan salah dan ucapan benar sebagai ucapan benar.

Para bhikkhu, ucapan salah yaitu : kebohongan, ucapan fitnah, ucapan kasar, dan gosip.

Para bhikkhu, ucapan benar ada dua jenis, yaitu : ada ucapan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan. Dan ada ucapan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

Para bhikkhu, ucapan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan yaitu : menghindari kebohongan, menghindari ucapan fitnah, menghindari ucapan kasar, dan menghindari gosip.

Para bhikkhu, ucapan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan yaitu : pemberhentian empat jenis perilaku ucapan yang salah, tidak melakukan, penahanan diri, penghindaran dari perilaku ucapan yang salah dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, tanpa noda, memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia.

Usaha benar seseorang yaitu : berusaha untuk meninggalkan ucapan salah dan memasuki ucapan benar. Perhatian benar seseorang yaitu : penuh perhatian meninggalkan ucapan salah, penuh perhatian memasuki dan berdiam dalam ucapan benar. Demikianlah ketiga kondisi ini berlangsung dan berputar di sekeliling ucapan benar, yaitu, pandangan benar, usaha benar, dan perhatian benar.

Tentang Perbuatan

Para bhikkhu, dalam pandangan benar seseorang - pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Yaitu pada seseorang yang memahami perbuatan salah sebagai perbuatan salah dan perbuatan benar sebagai perbuatan benar.

Para bhikkhu, perbuatan salah yaitu : membunuh makhluk-makhluk hidup, mengambil apa yang tidak diberikan, dan perilaku salah dalam kenikmatan indria.

Para bhikkhu, perbuatan benar ada dua jenis, yaitu : ada perbuatan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan. Dan ada perbuatan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

Para bhikkhu, perbuatan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan yaitu : menghindari : membunuh makhluk-makhluk hidup, mengambil apa yang tidak diberikan, dan perilaku salah dalam kenikmatan indria.

Para bhikkhu, perbuatan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan yaitu : pemberhentian dari tiga jenis perilaku jasmani yang salah, dimana : tidak melakukan, penahanan diri, dan penghindaran dari perilaku jasmani yang salah dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, yang pikirannya tanpa noda, yang memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia.

Usaha benar seseorang yaitu : berusaha untuk meninggalkan perbuatan salah dan memasuki perbuatan benar. Perhatian benar seseorang yaitu : dengan penuh perhatian meninggalkan perbuatan salah, memasuki dan berdiam dalam perbuatan benar. Demikianlah ketiga kondisi ini berlangsung dan berputar di sekeliling perbuatan benar, yaitu, pandangan benar, usaha benar, dan perhatian benar.

Tentang Penghidupan

Para bhikkhu, dalam pandangan benar seseorang - pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Yaitu pada seseorang yang memahami penghidupan salah sebagai penghidupan salah dan penghidupan benar sebagai penghidupan benar.

Para bhikkhu, penghidupan salah yaitu : berkomplot, membujuk, mengisyaratkan, merendahkan, mengejar keuntungan dengan keuntungan.

Para bhikkhu, penghidupan benar ada dua jenis, yaitu : ada penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan. Dan ada penghidupan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan.

Para bhikkhu, penghidupan benar yang terpengaruh oleh noda-noda, berhubungan dengan kebajikan, dan matang dalam perolehan yaitu : seorang siswa mulia meninggalkan penghidupan salah dan memperoleh penghidupannya melalui penghidupan benar.

Para bhikkhu, penghidupan benar yang mulia, tanpa noda, melampaui keduniawian, sebuah faktor dari sang jalan yaitu : pemberhentian dari penghidupan salah, tidak melakukan, penahanan diri, penghindaran dari penghidupan salah dalam diri seseorang yang pikirannya mulia, yang pikirannya tanpa noda, yang memiliki jalan mulia dan yang mengembangkan jalan mulia.

Usaha benar seseorang yaitu : berusaha untuk meninggalkan penghidupan salah dan memasuki penghidupan benar. Perhatian benar seseorang yaitu : dengan penuh perhatian meninggalkan penghidupan salah, memasuki dan berdiam dalam penghidupan benar. Demikianlah ketiga kondisi ini berlangsung dan berputar di sekeliling penghidupan benar, yaitu, pandangan benar, usaha benar, dan perhatian benar.

Empat Puluh Besar

Para bhikkhu, pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Oleh karena itu seorang yang memiliki pandangan benar, muncul kehendak benar; pada seorang yang memiliki kehendak benar, muncul ucapan benar; pada seorang yang memiliki ucapan benar, muncul perbuatan benar; pada seorang yang memiliki perbuatan benar, muncul penghidupan benar; pada seorang yang memiliki penghidupan benar, muncul usaha benar; pada seorang yang memiliki usaha benar, muncul perhatian benar; pada seorang yang memiliki perhatian benar, muncul konsentrasi benar; pada seorang yang memiliki konsentrasi benar, muncul pengetahuan benar; pada seorang yang memiliki pengetahuan benar, muncul kebebasan benar. Demikianlah, jalan dari siswa yang dalam latihan lebih tinggi memiliki delapan faktor, Arahant memiliki sepuluh faktor.

Para bhikkhu, pandangan benar muncul dalam urutan pertama. Oleh karena itu seorang yang memiliki pandangan benar, pandangan salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan pandangan salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan pandangan benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki kehendak benar, kehendak salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan kehendak salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan kehendak benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki ucapan benar, ucapan salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan ucapan salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan ucapan benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki perbuatan benar, perbuatan salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan perbuatan salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan perbuatan benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki penghidupan benar, penghidupan salah dilenyapkan,  dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan penghidupan salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan penghidupan benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki usaha benar, usaha salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan usaha salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan usaha benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki perhatian benar, perhatian salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan perhatian salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan perhatian benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki konsentrasi benar, konsentrasi salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan konsentrasi salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan konsentrasi benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki pengetahuan benar, pengetahuan salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan pengetahuan salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan pengetahuan benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Pada seorang yang memiliki kebebasan benar, kebebasan salah dilenyapkan, dan banyak kondisi tidak bermanfaat yang berasal-mula dengan kebebasan salah sebagai kondisi juga dilenyapkan, dan banyak kondisi bermanfaat yang berasal-mula dengan kebebasan benar sebagai kondisi menjadi terpenuhi melalui pengembangan.

Para bhikkhu, terdapat dua puluh faktor pada sisi tidak bermanfaat, dan pada sisi bermanfaat. Khotbah Dhamma tentang Empat Puluh Besar ini telah diputar dan tidak dapat dihentikan oleh petapa atau brahmana, Dewa, Māra, Brahmā manapun, atau siapapun di dunia.

Para bhikkhu, jika petapa atau brahmana manapun berpikir bahwa Khotbah Dhamma tentang Empat Puluh Besar ini harus dicela dan ditolak, maka ada sepuluh kesimpulan sah dari pernyataan mereka yang memberikan dasar untuk mencela mereka di sini dan saat ini. Jika yang mulia itu mencela pandangan benar, kehendak benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar, usaha benar, perhatian benar, konsentrasi benar, pengetahuan benar, dan kebebasan benar yang mana masing-masing dengan turutannya, maka ia tentu menghormati dan memuji para petapa dan brahmana yang memiliki pandangan salah, kehendak salah, ucapan salah, perbuatan salah, penghidupan salah, usaha salah, perhatian salah, konsentrasi salah, pengetahuan salah, dan kebebasan salah.

Para bhikkhu, bahkan para guru dari Okkala, Vassa dan Bhañña, yang menganut doktrin non-kausalitas, doktrin tidak-berbuat, dan doktrin nihilisme, tidak akan berpikir bahwa Khotbah Dhamma tentang Empat Puluh Besar ini harus dicela dan ditolak. Mengapa? Karena takut disalahkan, diserang, dan dibantah.

Itu adalah apa yang dikatakan oleh Sang Bhagavā. Para bhikkhu merasa puas dan gembira mendengar kata-kata Sang Bhagavā.

Demikianlah tulisan ini yang menyampaikan perihal Empat Puluh Besar pada Majjhima Nikaya 117 - Mahācattarisaka Sutta - yang bertujuan agar lebih mudah dipahami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar