Translate

Selasa, 02 April 2019

Manfaat besar berbuat baik


Hasil gambar untuk gambar berbuat baikSangat sedikit orang yang melaksanakan perbuatan baik. Sebaliknya, banyak manusia terlibat dalam perbuatan tidak baik. Seperti yang Guru Agung katakan, jumlah orang yang melakukan perbuatan baik sedikit sekali seperti tanah pada ujung kukuNya, dan orang yang terlibat dalam perbuatan yang tidak baik sangat banyak sekali seperti tanah di bumi. Oleh karena itu sedikit yang bisa terlahir kembali di antara manusia ataupun dewa.
Kebanyakan orang di bumi ini akan terlahir di neraka, di alam binatang, atau di alam hantu. Mengapa? Pintu ke alam sengsara terbuka oleh perbuatan tidak baik yang kita lakukan dalam kehidupan ini.
Apa yang terjadi jika kita jatuh ke empat alam menyedihkan (alam neraka, alam setan, alam iblis, alam binatang)? Ini dijelaskan dalam sutta bernama ‘Yoke With A Hole’ (Luku dengan Sebuah Lubang) dari Mahàvagga Samyutta. Dalam sutta ini Guru Agung berkata :
“Bhikkhu, misalkan seorang pria akan melemparkan luku (kayu yang di lingkarkan pada leher kerbau) dengan lubang tunggal ke dalam laut, dan di dalamnya terdapat kura- kura buta yang muncul ke permukaan sekali setiap seratus tahun. Bagaimana menurutmu, bhikkhu, bahwa kura-kura buta, yang muncul ke permukaan sekali setiap seratus tahun, akankah ia mampu memasukkan lehernya ke dalam luku dengan lubang tunggal itu?”
“Jika ia bisa melakukannya, Bhante, itu hanya setelah waktu yang sangat lama.”
“Lebih cepat, Aku katakan, bahwa kura-kura buta yang muncul ke permukaan setiap seratus tahun, akan memasukkan lehernya ke dalam luku dengan lubang tunggal dari pada si bodoh yang telah pergi ke alam rendah akan kembali ke alam manusia.”
Mengapa? Karena dalam alam rendah, tidak ada tingkah laku yang dipandu oleh Dhamma, tidak ada perbuatan benar, tidak ada kegiatan baik, tidak ada aktivitas yang patut dipuji. Yang kuat memakan yang lemah. Mereka saling membunuh dan memakan satu sama lain.
Itu sebabnya jika kita jatuh ke empat alam menyedihkan itu sulit untuk terlahir kembali di antara manusia atau para dewa. Tidak peduli seberapa kaya atau miskin kita, betapa cantik atau jeleknya kita, atau seberapa tinggi atau rendah standar hidup kita. Untuk menghindari kelahiran kembali di neraka, di alam binatang atau di alam hantu, orang perlu berbuat baik.
Semoga semua makhluk baik adanya dan berbahagia.
Semoga semua makhluk mempunyai kesempatan untuk berlatih meditasi.
Semoga Anda dapat melihat dan mengetahui Dhamma di dalam kehidupan ini juga.
Semoga Anda semua dapat berlatih ajaran sejati dari Sang Tathagata.
Semoga harapan Mulia semua makhluk terpenuhi.
Semoga Anda semua terbebas dari semua penderitaan.
Salam penuh mettā (cinta kasih).

(Disunting dari tulisan Bhikkhu U Revata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar