Translate

Minggu, 11 November 2018

Kebenaran (a)

Apa yang anda ketahui, atau yang anda yakini itu belum tentu benar. Janganlah menyebarkan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain yang lebih faham tentang hal tersebut. Orang dimaksud pasti tidak menyukainya, dan mungkin hanya tertawa saja meskipun tertawanya hanya dalam hati. Yang banyak terjadi adalah orang yang terkesan seperti katak dalam tempurung tapi merasa paling benar sendiri.
Agar menjadi orang yang berpengetahuan luas, dan ingin mengetahui tentang kebenaran sesuatu, carilah pengetahuan itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Di dunia maya tersedia banyak hal yang nyaris tak terbatas jumlahnya, yang bisa dipelajari & diketahui. Anda bisa mempelajari semau anda & sepuasnya, hingga anda menemukan hal yang benar, yang logis & tak terbantahkan. Anda juga bisa bertanya sana-sini di dunia maya terlebih di dunia nyata kepada ahlinya, kepada banyak orang praktisi, sampai anda tidak mampu bertanya lagi, meskipun jawaban yang anda peroleh mungkin berupa pertanyaan juga.
Pengetahuan spiritual atau pengetahuan tentang seluk-beluk alam semesta, yang biasa disebut juga sebagai pengetahuan Dhamma, dapat direalisasi dengan melatih meditasi Samatha yang dilajutkan dengan meditasi Vipassana secara tekun, secara serius dan secara terus menerus hingga mencapai tingkat-tingkat tertentu, yang puncaknya adalah mencapai penerangan sempurna (enlightened). Dengan demikian anda akan menjadi orang yang berpengetahuan sangat luas, menjadi orang yang sangat bijaksana, tidak mungkin sombong, tidak mungkin serakah, tidak mungkin membenci, tidak lagi dungu & tidak lagi delusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar