Translate

Kamis, 08 November 2018

Alam Dewa Catumaharajika

Alam Dewa Catumaharajika, termasuk Kamasugatibhumi.

Kammasugatibhumi adalah alam bahagia, dimana makhluk-makhluk yang ada di dalamnya terus-menerus menikmati kesenangan inderawi, makhluk-makhluk ini masih terbelenggu oleh pancaindera.

Kamasugatibhumi termasuk Kammabhumi.

Kammabhumi adalah alam kehidupan dimana makhluk-makhluk yang ada di dalamnya sangat terikat dengan pancaindera, makhluk-makhluk ini selalu ingin memuaskan nafsu-nafsu inderawinya.

Alam Dewa Catumaharajika, adalah alam surgawi yang paling rendah, makhluk-makhluknya selalu mengenyam kenikmatan inderawi.

Alam dewa atau Alam Surga itu ada enam macam atau enam tingkat kebahagiannya. Alam Dewa Catumaharajika, adalah alam surgawi yang kebahagiannya paling rendah, dibanding lima Alam Dewa atau lima alam Surga diatasnya. 

Kehidupan di alam Catumaharajika itu bisa berlangsung selama 500 tahun dewa, atau kira-kira sembilan ribu tahun manusia. Perbandingan usia di alam dewa atau alam surga itu tidak sama, tergantung tingkat alamnya. Satu hari di alam surga tertentu berbanding satu abad di alam manusia, dan di alam Surga yang lebih tinggi, umur makhluk-makhluknya lebih lama lagi, tergantung tingkatan alam Dewa atau alam Surganya.

Para dewa-dewi alam Catumaharajika ini bertempat tinggal di tiga tempat, yaitu :

1.      Di atas tanah, disebut bhumattha, yaitu bertempat tinggal di gunung, sungai, laut, rumah, dan rumah ibadah.

2.      Di pohon, disebut rukakhattha, karena bertempat tinggal di pohon maka masuk dalam kelompok bhumattha juga.

3.      Di angkasa, disebut akasattha, yaitu bertempat tinggal di bulan, bintang dan lain-lain.

Alam ini berada dalam kekuasaan empat raja dewa. Yaitu empat raja dewa yang memimpin para dewa yang mempunyai kecenderungan berpikiran jahat. Keempat raja dewa tersebut adalah :

1.          Virulhaka, adalah raja dewa yang memimpin para Kumbhanno  / Kumbhanni, yaitu para penjaga harta pusaka, penjaga hutan dan sebagainya.

2.          Dhatarattha, adalah raja dewa yang memimpin para Gandhabbo / Gandhabbi, yang berada di pohon-pohon berbau harum, yang kemudian dikenali oleh orang-orang Jawa sebagai Genderuwo. Makhluk halus ini sangat melekati tempat tinggalnya. Walaupun pohon tempat tinggalnya ditebang, ia masih tetap mengikuti ke mana pohon itu dipindahkan, tidak seperti rukkhadeva lainnya, yang akan mengungsi ke pohon lain yang masih hidup.

3.          Virupakkha, adalah raja dewa yang memimpin para Nago / Nagi yaitu, yaitu para naga yang memiliki kesaktian, yang mampu merubah wujudnya menjadi wujud makhluk lain, seperti manusia, binatang dan sebagainya.

4.          Kuvera, adalah raja dewa yang memimpin para Yakkho / Yakkhini, yaitu para raksasa yang gemar menganiaya para penghuni neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar