Translate

Senin, 17 September 2018

Alam Neraka.


Alam Neraka termasuk dalam alam kehidupan dimana makhluk-makhluknya sangat menyenangi nafsu-nafsu inderawi meskipun di alam neraka itu tidak ada kesenangan sedikitpun. Alam Neraka masuk dalam kategori Kama-bhumi, yaitu alam dimana makhluk-makhluknya sangat menyenangi nafsu-nafsu inderawi seperti yang sudah disebut diatas. Alam Neraka masuk dalam kategori Apaya-bhumi, yaitu alam kehidupan yang menyedihkan.
Alam Neraka atau 'Niraya' itu terbentuk atas dua kosakata, yaitu 'ni' yang berarti 'bukan' atau ‘tidak ada', dan 'aya' yang berarti 'kebajikan’, ‘kebahagiaan’, atau ‘perkembangan'. Sehingga Niraya dapat diartikan atau dipahami bahwa Alam Neraka adalah alam kehidupan yang penuh dengan derita dan siksaan, tanpa ada kesempatan untuk berbuat kebajikan, tanpa kebahagiaan, dan tanpa perkembangan.
Neraka bukanlah alam kehidupan yang bersifat kekal. Apabila akibat buruk dari suatu kejahatan telah terlunasi, mereka yang terjatuh ke dalam alam neraka ini akan dapat terlahirkan kembali di alam-alam lain yang lebih tinggi, setinggi apa, tergantung perbuatan-perbuatan lain yang pernah mereka lakukan sepanjang kehidupan-kehidupannya di masa lampau.
Alam Neraka terbagi menjadi dua bagian, yaitu Neraka Besar (Mahâ-niraya), dan Neraka Kecil (Ussadaniraya).
Neraka besar, terdiri atas delapan alam berikut ini, yang diurutkan dari Neraka yang paling tinggi tingkatannya sampai dengan Neraka yang paling rendah tingkatannya, yang paling mengerikan, yaitu alam Neraka :
1) Sanjiva
2) Kaiasutta
3) Saogatha
4) Dhumarurova
5) Jalarurova
6) Tapana
7) Patapana
8) Avici
Neraka kecil, juga terdiri atas delapan alam berikut ini, yang diurutkan dari Neraka yang paling tinggi tingkatannya sampai dengan Neraka yang tingkatannya paling rendah, yang paling mengerikan, yaitu alam Neraka :
1) Angarakasu
2) Loharasa
3) Kukkula
4)Aggisamohaka
5) Lohakhumbhi
6) Gutha
7) Simpaliva
8) Vettarani
Keadaan di enam belas alam neraka tersebut diatas sangat menyedihkan, dan yang paling mengerikan adalah alam neraka yang berada di urutan terbawah dari delapan neraka besar, yaitu neraka Avici.
Oleh karena penulis belum bisa menerima, atau belum bisa meyakini sepenuhnya kebenaran dari kondisi kondisi alam neraka yang diinformasikan, yang sangat mengerikan, maka penulis tidak mencantumkan uraian atau keadaan dari masing masing neraka tersebut diatas. Silahkan pembaca mencari sendiri informasinya yang ditulis di kitab suci, atau bisa juga mencari informasi tentang kondisi kondisi yang ada di alam Neraka Besar dan Alam Neraka Kecil tersebut dari informasi yang ada di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar