Ketika dunia mengalami kehancuran besar (sesuai Kosmologi Buddhis - pada akhir satu Kappa), makhluk-makhluk dari alam Apaya, alam Manusia dan sebagian alam Dewa punah. Punah disini artinya sesuai Karma masing-masing - ada yang terlahir di alam yang lebih tinggi termasuk alam Abhasara, dan ada yang terlahir kembali ketika alam kehidupan yang baru sudah terbentuk secara memadai, ini bukan berarti kehidupannya terputus ketika sedang menunggu waktu kelahiran kembalinya yang tepat pada kondisi yang tepat. Ketika dunia mengalami kehancuran (kiamat) tersebut, makhluk-makhluk di alam Rupabrahma dan Arupabrahma tetap eksis karena alamnya tidak hancur.
Ketika dunia (dalam kosmologi Buddhis) terbentuk kembali, maka makhluk-makhluk dari alam Abhasara (alam Rupabrahma tingkat keenam) setelah kematian terlahir kembali di alam Mahābrahmā (alam Rupabrahma tingkat ketiga) dan di alam-alam yang lebih rendah lainnya termasuk alam manusia.
Baka Brahmā adalah makhluk pertama yang terlahir di alam Mahābrahmā yang masih kosong. Ia terlahir di alam Mahābrahmā tersebut setelah meninggal dari alam Abhasara - yang mana adalah alam kehidupan bagi makhluk peraih Jhana pertama.
Lahir di alam Mahābrahmā tersebut kemudian Baka Brahmā memiliki kesalahpahaman, ia menyatakan bahwa ia adalah pencipta segalanya. Sebabnya adalah karena saat itu di alam Mahābrahmā belum ada makhluk lain. Baka Brahma merasa : “Aku adalah yang pertama, aku adalah pencipta semua ini.” Baka Brahmā tidak menyadari kehidupan sebelumnya, dan tidak melihat asal-usul para makhluk lain, sehingga Baka Brahmā berpikir bahwa : “Akulah Tuhan, akulah Pencipta. Semua makhluk berasal dari kehendakku.”
Sang Buddha menolak klaim Baka Brahmā. Dalam Brahmanimantanika Sutta (Majjhima Nikaya-49),
Buddha mengunjungi Baka Brahmā dan menyatakan dengan tegas :
·
Bahwa
alamnya (alam Mahābrahmā) itu tidak kekal.
·
Bahwa
ia bukan pencipta, hanya makhluk yang lahir lebih dulu.
·
Bahwa
ada alam yang lebih tinggi dan lebih rendah dari Alam Mahabrahma.
·
Bahwa
klaim Baka Brahmā itu muncul dari delusi
dan kesombongannya.
Demikianlah ceritanya tentang makhluk Baka Brahmā yang mengaku sebagai Tuhan Pencipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar