Translate

Jumat, 03 Mei 2019

Mengapa manusia selalu mempunyai masalah?

Gambar terkaitMasalah lain selesai, muncul masalah baru dan begitu seterusnya. Timbulnya masalah dalam diri manusia bukanlah berasal dari fihak luar, melainkan dari DALAM DIRI SENDIRI, atau lebih tepat, masalah timbul dari PIKIRAN orang itu sendiri.
Semua hal di luar diri seseorang hakekatnya adalah netral, bukan baik maupun buruk, bukan merupakan masalah maupun tidak masalah. Hujan, misalnya, adalah netral. Namun, ketika pikiran seseorang ingin berada di rumah saja, maka hujan menjadi hal yang baik dan tidak bermasalah karena membantu orang tersebut beristirahat dengan tenang di rumah. Sebaliknya, ketika seseorang ingin bepergian, hujan akan menjadi masalah yang mungkin saja sangat menjengkelkan.
Demikian pula uang adalah netral. Ketika seseorang mendapatkannya di saat ia membutuhkan, maka orang itu akan merasa senang dan tidak ada masalah. Sebaliknya, ketika seseorang mendapatkan uang di waktu yang tidak sesuai, maka ia merasa memiliki uang adalah memiliki masalah. Contoh hal ini adalah seseorang membawa uang banyak dan ia harus berjalan sendiri di daerah yang rawan perampokan, maka batinnya cenderung gelisah akibat takut dirampok dan dirampas uangnya.
Dari kedua contoh sederhana di atas tampaklah bahwa permasalahan seseorang timbul dari pikiran atau keinginan orang itu sendiri. Oleh karenanya, seseorang yang mampu mengendalikan pikirannya akan merasakan hidup bahagia dan terbebas dari berbagai masalah. Salah satu cara mudah untuk mengendalikan pikiran seseorang agar dapat menjalani hidup tanpa masalah adalah dengan sering mengucapkan kata UNTUNG. Dengan demikian, ketika seseorang merasa bermasalah dengan hujan padahal ia hendak bepergian, ia dapat berlatih mengatakan 'untung hujan sekarang sehingga saya dapat mempersiapkan payung dan berbagai kebutuhan lainnya'. Ketika seseorang membawa banyak uang dan berjalan di daerah rawan kejahatan, maka ia dapat mengatakan dalam batinnya kalimat 'untung uang yang saya bawa hanya sekian, kalau lebih banyak lagi, tentu akan lebih kuatir'.
Dengan sering berlatih mengucapkan kata 'untung' dalam kehidupan sehari-hari, maka seseorang akan semakin mudah menghadapi kesulitan kehidupan dengan pikiran positif. Akhirnya, hidup akan terasa bahagia dan tidak banyak bermasalah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar