Translate

Minggu, 20 Maret 2022

Contoh dan anjuran Perilaku

Berikut ini disampaikan pernyataan atau contoh perilaku dan anjuran yang baik, yang seyogyanya dapat kita upayakan untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :

Ilmu padi, semakin berisi, padi semakin menunduk, demikian juga orang, semakin berilmu, semakin bijaksana. 

Ilmu tanah, diapakan saja tanah tetap tenang, demikian juga orang yang batinnya seimbang, dipuji maupun dimaki tetap tenang. 

Ilmu akar, kendati berbuat banyak, tetap tidak perlu dilihat, demikian juga sifat orang yang selalu mengutamakan kebaikan, tanpa mencari nama. 

Ilmu teratai, biarpun tumbuh berkembang ditempat kotor, namun tidak terkotori oleh kondisi, demikian juga orang yang bisa belajar dari teratai, menyucikan batinnya dari segala sifat buruk.

Kita terlahir dengan segala perbedaan yang kita miliki dengan tujuan untuk bersatu : Saling menyayangi, Saling menolong, Saling membantu, Saling mengisi, Saling menghargai, 

Bukan untuk : Saling menuduh, Saling menyalahkan, Saling merusak, Saling membenci, Saling merendahkan. 

Semua perbedaan dari kita adalah keindahan yang terjadi, agar kita rendah hati untuk menghargai orang lain. Tidak ada satupun pekerjaan yang dapat kita kerjakan sendirian saja dengan mudah. Mungkin kelebihan kita adalah kekurangan orang lain, sebaliknya, kelebihan orang lain bisa jadi merupakan kekurangan kita. Tidak ada yang lebih bodoh atau lebih pintar. Bodoh atau pintar itu relatif sesuai dengan bidang, sesuai dengan talenta yang kita syukuri masing masing menuju impian kita. Orang Pintar bisa gagal. Orang hebat bisa jatuh karena kesombongannya, tetapi, orang yang rendah hati dalam segala hal dan selalu berbuat baik kepada siapa saja, akan selalu mendapat kebahagiaan sejati.

Demikian, semoga uraian yang sangat singkat ini bermanfaat, dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Rabu, 09 Maret 2022

Coba Menyambungkan Islam Nusantara Dengan Islam Radikal

Video ini mencoba membicarakan kemungkinannya terjadi dialog antara Islam Nusantara, yaitu Islam Moderat, atau Islam yang dianut oleh Kaum Nahdliyin Nahdlatul Ulama dengan Islam yang selama ini dicap sebagai Islam Radikal atau Islam garis keras. Tujuan dialog ini apa? Tujuannya supaya ada solusi yang baik yang dihasilkan, yang sesuai dengan tujuan Islam itu sendiri yaitu Rahmatan Lil Alamin, yaitu Islam adalah rahmat bagi semesta alam. Mengenai Rahmatan Lil Alamin ini kedua belah pihak tahu persis dan setuju, makanya perlu ada dialog, atau tepatnya acara bertanya dan dijawab. Teknisnya setiap team terdiri dari 3 orang, team yang satu khusus bertanya dan team yang lain khusus menjawab, supaya tidak terjadi debat, karena yang diperlukan hanyalah jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, yang tentunya akan banyak sekali pertanyaan yang kemudian muncul, yang timbul berdasarkan jawaban yang diperoleh dari pertanyaan sebelumnya. Sehingga dengan demikian perdebatan tidak akan terjadi karena hanya satu arah. Oleh karena hanya satu arah maka tidak akan terjadi tabrakan atau tidak akan terjadi perdebatan, karena perdebatan itu akan memunculkan emosi tinggi yang merusak, yang tidak sejalan dengan ajaran agama apapun, yang bertentangan dengan Rahmatan Lil Alamin. 

Pertanyaan-pertanyaan dari team yang satu yaitu yang dari team Islam Nusantara adalah untuk mengetahui secara persis apa maunya Islam Garis Keras itu. Apa tujuan mereka selama ini. Apa yang mereka perjuangkan. Apa yang mereka anggap salah dari kebijakan atau yang telah dilakukan oleh pemerintah. Untuk mencapai tujuan dari perjuangannya itu, kita tahu Islam Garis Keras telah berpolitik, mereka bekerjasama dengan elit-elit politik tertentu.

Seperti tulisan terdahulu yang membicarakan mengenai kemungkinan terselenggaranya acara bertanya dan dijawab antar dua team penganut agama yang berbeda; adalah supaya terjadi kepahaman mengapa mereka berbeda agama, mengapa mereka berbeda keyakinan. Tujuan akhir dari acara bertanya dan dijawab tersebut adalah agar mereka tetap rukun, saling hormat dan saling menghargai satu sama lain. 

Tapi kali ini, dalam tulisan ini, yang diharapkan adalah bisa dilakukan juga acara serupa, yaitu acara bertanya dan dijawab di acara televisi, yang didokumentasikan juga di kanal-kanal YouTube. Seperti yang disebutkan tadi, acara ini dilakukan oleh penganut Islam Nusantara dengan Islam Garis Keras. Tentunya acara ini akan bisa terlaksana jika kaum Islam Garis Keras setuju dengan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai ideologi negara. Bukankah Habib Rizieq pernah juga mengatakan bahwa perjuangan mereka adalah tetap untuk tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai ideologi negara? Sekali lagi apa maunya Islam garis keras tersebut, apa yang mereka tuntut, apa yang salah dari kebijakan atau yang telah dilakukan oleh pemerintah?

Dalam acara bertanya dan dijawab di acara televisi tersebut, pihak Islam Garis Keras bisa diwakili oleh Novel Bamukmin misalnya, yang kebetulan sedang tidak tersangkut perkara hukum, dan dua orang lainnya yang ditunjuk oleh kelompok mereka. Akan tetapi kalau kelompok Islam Garis Keras ini tidak menginginkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berideologikan Pancasila, maka sudah benar kalau penegak hukum menangkapi mereka-mereka itu yang telah berbuat kesalahan, yaitu membuat gaduh, memprovokasi umat untuk melawan pemerintahan yang syah dan tidak setia kepada Pancasila, atau silahkan keluar ke negara lain saja kalau tidak mau mengakui keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini jelas dan tidak mungkin akan ada acara bertanya dan dijawab seperti yang dikemukakan di tulisan ini.

Sekali lagi tujuan dari acara bertanya dan dijawab ini adalah untuk mengefektifkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin, yaitu Islam aliran apa saja dan Islam dimana saja di Indonesia agar semuanya adalah Islam yang Rahmatan Lil Alamin, sekaligus untuk mengurangi penangkapan-penangkapan pihak kepolisian terhadap mereka-mereka yang kebanyakan tidak begitu tahu tapi ikut-ikutan berbuat kesalahan dan cenderung melawan pemerintah yang syah. Harapannya juga, kemudian adalah, mereka-mereka ini dan juga masyarakat banyak bisa menonton acara bertanya dan dijawab di televisi tersebut, dan juga bisa menonton video-video YouTube yang tersebar mengenai hal tersebut. Sehingga pada gilirinnya diharapkan mampu mendidik masyarakat khususnya umat Islam agar tetap berperilaku yang mencerminkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Demikianlah tulisan singkat, semoga bermanfaat. 

Seneng Terus, Bahagia Terus ???

Bumi selalu berputar, ada siang ada malam, ada sedih ada gembira. Kemudian ada suatu pertanyaan yang muncul seperti ini : Sekarang saya beri pilihan wahai manusia : pilih yang mana, selalu berganti atau yang selalu tetap yaitu senang terus, bahagia terus, mau?

Pertanyaan diatas dibuatnya suka suka, jadi jawabnya susah. Senang terus, bahagia terus itu tidak ada, karena susah dan penderitaan itu mau ditaruh dimana? Kalau kemauan manusia dituruti semua; semuanya akan menjadi rusak. Sudah benar kondisi yang nyata sekarang. Sudah benar takdir manusia itu ada senang ada susah. Kita tidak bisa merubah dunia. Tapi kita bisa menyikapinya secara tepat guna. Yang bisa kita rubah adalah diri kita sendiri, supaya yang namanya nasib itu menjadi baik. Dan kalau nasib sudah jadi baik, yang namanya pak Takdir itu sudah ompong giginya, tidak berpengaruh lagi. Damai itu ada, damai itu bukan senang dan bukan pula susah, tapi seimbang. Senang itu bisa berubah, susah juga bisa berubah. Damai bisa tidak berubah kalau sudah mantab. Sehingga damai abadi itu ada. Damai abadi adalah tujuan akhir semua makhluk hidup. Syaratnya untuk manusia adalah batin yang bersih. Jangan suka mengotori batin sendiri dengan sering berbuat serakah, membenci, dan dungu yaitu tidak tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Sebelum damai abadi disana, yaitu kondisi damai selamanya, damai dululah di bumi. Supaya enak, anda tidak harus setuju dengan uraian ini. Silahkan tulis komentar anda untuk melengkapi pengetahuan kita semua.

Paritta Buddhis, Apakah Itu ???

Paritta adalah ringkasan dari Sutta-sutta yang ada di dalam Kitabsuci Tipitaka, yang berisi khotbah - khotbah tertentu yang pernah dibabarkan oleh Guru Agung Tathagata, yang berkaitan dengan keselamatan dan perlindungan, yaitu perlindungan terhadap Yakkha dan makhluk jahat lainnya. Paritta dapat digunakan untuk menghalau serta menentramkan roh-roh jahat. Mengucapkan atau membaca Paritta dengan cara yang benar juga akan memberikan perlindungan dari kesukaran dan kemalangan bagi yang bersangkutan dan bagi yang mendengarkan. Membaca Paritta sangat disarankan oleh Guru Agung Tathagata karena dapat memberikan banyak manfaat, antara lain dapat menghapus penderitaan dan duka cita, untuk kejayaan dalam semua usaha, termasuk untuk kesejahteraan. Membaca paritta secara benar adalah membaca disertai dengan meresapi makna dari paritta yang dibaca, agar mendatangkan manfaat tersebut diatas, karena paritta yang kita ucapkan atau kita baca telah memberikan andil nyata pada proses perkembangan batin kita menuju pengikisan Lobha (keserakahan), Dosa (kebencian), dan Moha (kebodohan spiritual, delusi). 

Paritta berbeda dengan doa. Doa pada umumnya berupa permohonan kepada Yang Maha Kuasa untuk dapat dikabulkan. Dalam Buddhisme; yang dikatakan doanya terkabul itu adalah bahwa yang bersangkutan sedang memetik buah Karma Baik yang pernah dilakukan sebelumnya. Dalam Paritta tidak ditemukan kalimat yang dapat diartikan sebagai permohonan kepada Yang Maha Kuasa, melainkan berupa niatan dan janji untuk berperilaku di jalan Dhamma dengan menyatakan berlindung pada Tiratana, dan berupa harapan-harapan yang tujuannya baik. Buddhisme mengetahui bahwa Yang Maha Kuasa atau katakanlah Hukum Universal buat Alam Semesta beserta isinya itu bekerja secara adil, bekerja berdasarkan sebab dan kondisi, tidak bisa dirubah atau dipengaruhi oleh kemauan manusia. Akan tetapi manusia dapat menyikapi Hukum Universal tersebut dengan benar agar apa yang diinginkannya bisa terwujud, dengan lain perkataan manusia dapat mewujudkan harapannya jika mampu menciptakan penyebab dari terwujudnya hasil yang dapat diperoleh. Oleh karena hukum universal menentukan bahwa perbuatan baik akan menghasilkan kebahagiaan atau menyebabkan keinginannya terwujud, dimana perbuatan jahat akan menyebabkan penderitaan atau menyebabkan keinginannya tidak terwujud. Maka yang harus dilakukan oleh manusia adalah memperbanyak perbuatan baik, mengurangi perbuatan jahat serta berupaya menyucikan hati dan pikiran.

Berikut ini adalah dua contoh Paritta dari banyak paritta yang sudah diterjemahkan dari bahasa autentik aslinya bahasa Pali,

1. Paritta Abhinhapaccavekkhana Patha atau Paritta Kalimat Perenungan kerap Kali, terjemahannya sebagai berikut :

"Aku wajar mengalami usia tua. Aku takkan mampu menghindari usia tua. Aku wajar menyandang penyakit. Aku takkan mampu menghindari penyakit. Aku wajar mengalami kematian. Aku takkan mampu menghindari kematian. Segala milikku yang kucintai dan kusenangi wajar berubah, wajar terpisah dariku. Aku adalah pemilik perbuatanku sendiri, mewarisi perbuatanku sendiri, lahir dari perbuatanku sendiri, berkerabat dengan perbuatanku sendiri, bergantung pada perbuatanku sendiri. Perbuatan apapun yang akan kulakukan, baik atau pun buruk; perbuatan itulah yang akan kuwarisi. Demikian hendaknya kerap kali kita renungkan".

2. Paritta Brahmaviharapharana atau Paritta Pemancaran Brahmawihara, terjemahannya sebagai berikut: 

"Semoga aku berbahagia, bebas dari penderitaan, bebas dari kebencian, bebas dari penyakit, bebas dari kesukaran. Semoga aku dapat mempertahankan kebahagiaanku sendiri. Semoga semua makhluk berbahagia, bebas dari penderitaan, bebas dari kebencian, bebas dari kesakitan, bebas dari kesukaran. Semoga mereka dapat mempertahankan kebahagiaan mereka sendiri. Semoga semua makhluk bebas dari penderitaan. Semoga semua makhluk tidak kehilangan kesejahteraan yang telah mereka peroleh. Semua makhluk memiliki kammanya sendiri, mewarisi kammanya sendiri, lahir dari kammanya sendiri, berhubungan dengan kammanya sendiri, terlindung oleh kammanya sendiri, apapun kamma yang diperbuatnya baik atau buruk, itulah yang akan diwarisinya".

Yang menyebabkan pembacaan paritta tidak bisa memberikan dampak kepada perlindungan, keselamatan dan kesejahteraan adalah karena halangan kamma, yaitu adanya kamma-kamma tertentu yang tidak dapat dihalangi dengan kekuatan apapun, karena halangan batin yang kotor dimana batin orang yang dibacakan paritta atau batin orang yang membaca paritta diliputi oleh keragu-raguan, oleh nafsu, bisa juga karena kurang yakin terhadap manfaat paritta, dan lain-lain sebagainya.

Demikianlah uraian singkat tentang Paritta Buddhis, semoga bermanfaat.

Sabtu, 19 Februari 2022

Dhamma, Apakah Itu ???

Dhamma berasal dari bahasa Pali, bahasa Sanskerta nya : Dharma, yang berarti Hukum atau Aturan dalam agama Buddha.

Dhamma berarti Kesunyataan Mutlak, atau Hukum Abadi. Dhamma tidak hanya ada dalam hati sanubari manusia dan pikirannya, tetapi juga dalam seluruh alam semesta. Seluruh alam semesta terliputi olehnya. Bulan yang timbul atau tenggelam, hujan turun, tanaman tumbuh, musim berubah, hal ini tidak lain disebabkan oleh Dhamma. Dhamma merupakan Hukum Abadi yang meliputi alam semesta, yang membuat segala sesuatu bergerak sebagai dinyatakan oleh ilmu pengetahuan modern, seperti ilmu fisika, kimia, hayat, astronomi, psikologi, dan sebagainya.

Dhamma adalah kebenaran semesta dari segala sesuatu yang berbentuk dan tidak berbentuk. Sedangkan sifat Dhamma adalah abadi. Ia tidak dapat berubah atau diubah.

Dengan demikian Buddha Dhamma adalah Dhamma yang disadari dan dibabarkan oleh Yang mulia Buddha Gotama. Ada atau tidak ada Buddha, Hukum Abadi (Dhamma) itu akan tetap ada sepanjang jaman. Guru agung Buddha bersabda : “O para Bhikkhu, apakah para Tathagata muncul (di dunia) atau tidak, Dhamma akan tetap ada, merupakan hukum yang abadi” (Dhammaniyama Sutta).

Bila manusia berada dalam Dhamma, ia akan dapat melepaskan dirinya dari penderitaan, menjadi Arahat dan mencapai Nibbana. Yaitu mencapai kedamaian abadi, yang sudah tidak mungkin mundur kembali, atau tidak mungkin terdegradasi. Sudah pasti Nibbana itu bisa dialami ketika masih hidup, dan setelah mati tidak akan terlahir kembali di alam manapun. Nibbana tidak dapat dicapai dengan cara sembahyang, mengadakan upacara-upacara atau memohon kepada para Dewa. Sembahyang dan ritual keagamaan itu bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kotoran batin. Berdoa itu hendaknya tidak memohon, karena manusia telah memiliki akal dan daya; yang bisa digunakan untuk mewujudkan keinginan baiknya. Yang berlaku itu adalah Hukum Sebab-akibat, Hukum Menabur-Menuai, atau Hukum Karma. Doa terbaik adalah berbuat baik, termasuk berdoa atau tepatnya berharap yang baik. Contoh harapan tersebut adalah demikian : "Semoga jasa kebajikan saya ini mengalir ke arah kehancuran noda-noda batin. Semoga jasa kebajikan saya ini menjadi kondisi untuk realisasi Nibbana. Saya membagikan bagian kebajikan ini kepada semua makhluk, semoga mereka semua mendapatkan bagian kebajikan yang sama dengan saya." Jadi, harapan itupun diucapkan setelah kita berbuat kebajikan.

Jadi, Nibbana atau mengakhiri penderitaan itu hanya dapat dicapai dengan meningkatkan perkembangan batin hingga mencapai hasil maksimal, yaitu mencapai penerangan sempurna (Enlightened). Bhikkhu, Bhikkhuni atau seseorang yang telah berhasil mencapai Nibbana itu artinya telah berhasil menghancurleburkan Kilesa, yaitu berhasil  menghancurleburkan kotoran batin tanpa sisa. Segala macam daya upaya yang ditempuh oleh seseorang untuk mencapai Nibbana; sudah pasti dibarengi dengan berlatih meditasi Samatha dan atau meditasi Vipassana secara tekun dan terus-menerus, di banyak sekali kehidupan.

Dalam hal Penderitaan atau Dukkha, dikenal adanya Empat Kesunyataan Mulia, sebagai berikut :

1.      Kesunyataan Mulia tentang Dukkha.

Kelahiran, ketuaan, dan kematian adalah penderitaan. Kesedihan, ratap-tangis, derita jasmani, derita batin, dan keputusasaan adalah penderitaan. Berkumpul dengan yang tidak dicintai adalah penderitaan. Berpisah dengan yang dicintai adalah penderitaan. Tidak mendapatkan hal yang diharapkan adalah penderitaan.

2.      Kesunyataan Mulia tentang asal mula Dukkha.

Sumber dari penderitaan adalah Tanha, yaitu nafsu keinginan yang tidak ada habis-habisnya. Semakin diumbar; semakin keras Tanha mencengkeram. Orang yang pasrah kepada Tanha sama saja dengan orang minum air asin untuk menghilangkan rasa haus. Rasa haus bukannya hilang tapi bertambah, karena air asin itu mengandung garam.

3.      Kesunyataan Mulia tentang lenyapnya Dukkha.

Kalau Tanha dapat disingkirkan, maka kita akan berada dalam keadaan bahagia yang sebenarnya, terbebas dari semua penderitaan bathin. Keadaan ini dinamakan telah merealisasi Nibbana. Telah padam, tiada lagi Tanha, tiada lagi kemelekatan. Telah merealisasi kedamaian abadi.

4.      Kesunyataan Mulia tentang Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha.

Jalan ini menunjukkan cara agar bisa hidup bebas dari ketidakpuasan. Yaitu jalan untuk membawa kita menuju ke Kedamaian atau Kebahagiaan Sejati. Jalan ini disebut Jalan Mulia Berunsur Delapan, yaitu : Pengertian Benar atau Samma-ditthi, Pikiran Benar atau Samma-sankappa, Ucapan Benar atau Samma-vaca, Perbuatan Benar atau Samma-kammanta, Pencaharian Benar atau Samma-ajiva, Daya-upaya Benar atau Samma-vayama, Perhatian Benar atau Samma-sati, dan Konsentrasi Benar atau Samma-samadhi. Uraian mengenai Jalan Mulia Berunsur Delapan ini dapat dibaca di tulisan lain di blog ini.


Rabu, 09 Februari 2022

Berkah Yang Sesungguhnya Dalam Kehidupan

Banyak orang mengira bahwa berkah itu adalah ketika mendapatkan keberuntungan, kekayaan yang berlimpah, umur panjang, sehat, terkenal, berkedudukan tinggi, memiliki istri yang cantik, memiliki suami yang tampan dan lain sebagainya. Akan tetapi sebenarnya bukanlah demikian. Tathagata melihat, bahwa berkah itu tidak sekadar hanya itu, itu adalah berkah yang sifatnya duniawi. Berkah yang sebenarnya adalah sejauh mana seseorang berbuat bajik. Itu adalah berkah utama. Itu adalah berkah yang unggul atau manggala utama.

Ketika melakukan kebajikan, rendah hati, menghormat kepada yang patut dihormati, mampu menyokong orang tua, anak, istri dan kerabat. Mampu mempraktekkan sila dengan baik. Menjauhi perbuatan-perbuatan buruk, perbuatan tercela, suka berbagi, itu adalah berkah yang sesungguhnya. Suka mengunjungi kaum bijaksanawan, mendengarkan ajarannya, memberikan respek hormat, itu adalah berkah utama. Mengapa? Karena kebajikan tersebut mengantar seseorang pada kebahagiaan. Orang yang berbuat bajiklah orang yang pasti mendapatkan kebahagiaan.

Umur panjang, kekayaan melimpah, terkenal, yang dikatakan di awal tadi adalah berkah, apakah selalu membahagiakan? Belum tentu. Tetapi orang yang berbuat bajik sudah pasti berbahagia. Berdampak memberikan manfaat yang tidak lain adalah kebahagiaan. Maka berkah yang sesungguhnya itu adalah ketika kita melakukan yang terbaik dalam hidup ini, yaitu dengan melakukan kebajikan dan hal-hal yang bermanfaat. Kalau ingin mandapatkan berkah utama, kita harus melakukan banyak kebajikan, mengisi hidup ini dengan hal-hal yang bermanfaat, maka setiap hari, setiap moment adalah berkah ketika kebajikan dilakukan.

Mengapa dalam hidup ini hendaknya mendapatkan berkah utama? Karena berkah utama itu merupakan syarat dasar bagi terwujudnya batin yang bersih, disertai dengan tekun berlatih meditasi merupakan sarana menuju hancur leburnya kilesa, yaitu hancur leburnya kotoran batin merealisasi Nibbana.

Kembali ke awal tulisan ini, berkah yang sifatnya duniawi itu bukannya tidak diperlukan, tetapi juga diperlukan, jika dimanfaatkan dengan baik maka akan menjadi penunjang yang sangat membantu dan sangat memudahkan dalam mendapatkan berkah utama. Beberapa contoh, misalnya kalau kita memiliki kekayaan yang melimpah, sehat, dan umur panjang, maka kita akan lebih mudah untuk berbuat bajik yang banyak dan berkesinambungan, seperti :  menyokong orang tua, anak, istri, kerabat, rahib, vihara dan siapapun yang membutuhkan bantuan dana. Mudah untuk berbagi, dan mudah pergi kemana saja menemui para bijaksanawan untuk berguru dan lain sebagainya.

Demikianlah uraian singkat ini. Semoga bermanfaat.

Senin, 07 Februari 2022

Apa itu Perilaku diatas Umur?

Kebanyakan orang menginginkan umur panjang. Ketika sudah uzur dan mungkin dalam kondisi sakit kronis, tetap saja menginginkan umur yang masih panjang. Adakah kira-kira alasannya yang mantap sehingga dia masih menginginkan umur yang panjang? Atau tidak memiliki alasan? Pokoknya yang penting tidak mau mati? Padahal mati itu kapan saja bisa terjadi, bisa datang secara tiba-tiba. Apakah tidak lebih baik menyadari hal tersebut, sehingga sebelum kematian datang menjemput, yang bersangkutan sudah memiliki persiapan yang memadai? Apalagi kalau sudah sakit-sakitan pertanda maut sudah dekat. Persiapan seperti apa yang sudah dan akan terus dilakukan, tentunya masing-masing orang berbeda pemikiran. Tergantung dari pengalaman, pendidikan, kecerdasan, kualitas batin atau kualitas rokhani dan juga agama. Sebelum kematian tiba mungkin perlu menyiapkan surat wasiat kalau sebagai orang tua, yaitu surat wasiat pembagian harta warisan, atau mungkin pesan-pesan yang harus dilaksanakan oleh anak-anak atau keluarga agar semuanya menjadi baik, aman, tidak kacau setelah ditinggal selama-lamanya oleh orang tua, atau mungkin juga ada pemberitahuan tentang harta simpanan, atau tabungan di Bank, dan lain-lain. Itu adalah persiapan umum sebelum kematian datang menjemput. Namun ada persiapan yang tidak kalah pentingnya dari itu semua, supaya ketika dan setelah meninggal dunia wajah jenazah seperti tersenyum. Itu artinya apa? Artinya adalah bahwa yang bersangkutan meninggal dunia dengan tenang, dengan ikhlas, telah berhasil melepas semua urusan dunia, tidak memikirkannya lagi, tidak mengingat-ingat atau melekat kepada harta benda yang dia miliki, yang selama ini berhasil dia kumpulkan dan dia timbun. Atau mungkin semua hutang-hutangnya sudah berhasil dilunasi, pokoknya urusan dunia sudah diselesaikan semua dengan baik dan siap ditinggalkan. Nah itu adalah urusan duniawi, urusan materi. Masih ada lagi urusan yang bukan duniawi yaitu urusan spiritual, yang tidak bisa ditinggalkan di dunia, melainkan harus dibawa mati. Karena bekal spiritual tersebut mengikuti yang bersangkutan pergi setelah meninggal dunia dan masuk ke alam berikutnya yang baru. Bekal tersebut harus dinikmati di alam kehidupan yang baru, tidak bisa tidak. Surga dan Neraka adalah dua jenis alam kehidupan berikutnya setelah kematian. Dan masih ada 29 jenis alam kehidupan yang lain yang keberadaannya diatas dan diantara kedua alam tersebut. Bekal spiritual yang dimiliki adalah tiket ke alam mana seseorang akan masuk, ke salah satu alam kehidupan berikutnya yang sudah menanti, yaitu alam bahagia atau alam penderitaan, tergantung bekal yang dimiliki. Termasuk terlahir di alam manusia kembali. Alam manusia adalah alam bahagia sekaligus alam menderita, tergantung bagaimana batin seseorang mampu menyikapinya. Alam manusia adalah alam terbaik, karena di alam manusia seseorang bisa mengumpulkan bekal terbaik atau membuat tiket terbaik yang mampu dia buat, sesuai kemampuan masing-masing karena saking sulitnya. Terlahir di alam manusia itu sangat sulit karena harus memiliki bekal atau tiket yang tepat, memiliki tiket yang cocok. Selain alam manusia seseorang tidak bisa leluasa berbuat mengumpulkan bekal terbaik untuk kehidupan berikutnya. Karena di alam lain mereka cenderung hanya mengalami satu kondisi saja, yaitu penderitaan atau kebahagiaan. Terlebih di alam Neraka mereka tidak bisa berbuat apa-apa, tidak ada kesempatan, tidak bisa berbuat baik karena selalu mengalami siksaan, mengalami siksaan melulu. Demikian pula di alam bahagia, di beberapa alam brahma, mereka hanya mengalami kebahagiaan saja, tidak ada kesempatan berbuat yang lain. Kembali ke persoalan menjelang kematian, apakah bekal spiritual yang dimiliki, yang sudah dikumpulkan sudah memadai atau belum? artinya sudah baik atau justru bekal yang buruk? Selama ini apa yang sudah diperbuat? Apakah kondisi batinnya sudah lumayan bersih? Apakah upaya mengembangkan kerelaan, kemoralan dan konsentrasinya sudah lumayan baik? Tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berzina, tidak berbohong, dan tidak meminum minuman yang memabukkan barulah cerminan dari batin yang bersih paling minimal dari hasil pengembangan kemoralan. Sebab untuk merealisasi batin yang bersih total tanpa noda, atau merealisasi Nibbana itu selain mengembangkan kemoralan, juga perlu mengembangkan kerelaan, contohnya adalah berdana, berdana bentuk apa saja boleh yang penting bermanfaat baik buat pihak lain, dan jangan lupa yang paling penting adalah berlatih meditasi secara benar, yang serius, pantang menyerah, terus-menerus, dan berkesinambungan dengan melalui banyak kehidupan. Merealisasi Nibbana adalah merealisasi kedamaian yang hakiki selamanya, dan tidak mungkin mundur kembali atau tidak mungkin degradasi. Jadi sekali lagi yang perlu diperhatikan dalam mengarungi kehidupan itu utamanya adalah persoalan mengembangkan kerelaan, kemoralan dan konsentrasi, yang akan menghasilkan tabungan berupa jasa baik dan pencapaian level tertentu dari konsentrasi atau meditasi, sebagai bekal untuk kehidupan berikutnya, terlebih di masa-masa akhir kehidupan maka ketiga pengembangan tersebut harus lebih diutamakan, bukan umur yang panjang tapi tidak diisi dengan perbuatan-perbuatan yang bermanfaat termasuk tekun berlatih meditasi. Judul tulisan ini adalah perilaku diatas umur, artinya jika ditinjau dari perspektif universal, yaitu dari sisi spiritual yang benar, dari sisi spiritual yang menguntungkan, adalah bahwa, perilaku baik itu lebih menguntungkan dibanding umur yang panjang. Kata kasarnya adalah, apa gunanya umur panjang jika perilakunya buruk, atau yang lebih soft apa gunanya umur panjang kalau tidak diisi dengan perbuatan-perbuatan yang baik dan yang berguna buat pihak lain, bahkan buat semua makhluk. Lebih baik berumur pendek tapi perilakunya baik dibanding berumur panjang tapi tidak berbuat apa-apa. Demikianlah uraian singkat ini yang berjudul : Perilaku diatas umur. Semoga bermanfaat.